Development

Documentation/id_ID/book/1.0/01-Introducing-Symfony (diff)

You must first sign up to be able to contribute.

Changes between Version 1 and Version 2 of Documentation/id_ID/book/1.0/01-Introducing-Symfony

Show
Ignore:
Author:
tohenk (IP: 202.95.150.6)
Timestamp:
03/02/09 04:12:45 (9 years ago)
Comment:

--

Legend:

Unmodified
Added
Removed
Modified
  • Documentation/id_ID/book/1.0/01-Introducing-Symfony

    v1 v2  
    6666Setelah sukses menggunakan symfony untuk beberapa proyek, Fabien memutuskan untuk merilis symfony di bawah lisensi open source. Dia mendonasikan pekerjaanya pada komunitas, untuk mendapatkan timbal balik dari pengguna, untuk menujukkan pengalaman Sensio, dan juga karena hal tersebut menyenangkan. 
    6767 
    68 >**Catatan** 
     68>**CATATAN** 
    6969>Mengapa "symfony" dan bukan "FooBarFramework"? Karena Fabien menginginkan nama pendek yang mengandung huruf s, bagian dari Sensio, dan huruf f, bagian dari framework--mudah diingat dan tidak diasosiasikan ke dalam alat bantu pengembangan yang lain. Juga, dia tidak suka huruf kapital. symfony sudah memenuhi, walau bukan kata dalam Bahasa Inggris yang sesungguhnya, dan symfony juga menjadi sebuah nama proyek. Alternatif nama yang lain yaitu "baguette." 
    7070 
    120120### Metode Magic 
    121121 
    122 Salah satu kekuatan kemampuan obyek PHP adalah penggunaan metode magic. Metode tersebut dapat digunakan untuk meng-override tingkah laku sebuah kelas tanpa perlu mengubah kode yang lain. Metode ini membuat sintaksis PHP menjadi lebih singkat dan lebih dapat dikembangkan. Metode ini mudah untuk dikenali, karena penamaan metode magic ini selalu diawali dengan dua garis bawah (`__`). 
     122Salah satu kekuatan kemampuan obyek PHP adalah penggunaan metode magic. Metode tersebut dapat digunakan untuk meng-override tingkah laku sebuah kelas tanpa perlu mengubah kode yang lain. Metode ini membuat sintaks PHP menjadi lebih singkat dan lebih dapat dikembangkan. Metode ini mudah untuk dikenali, karena penamaan metode magic ini selalu diawali dengan dua garis bawah (`__`). 
    123123 
    124124Sebagai contoh, ketika menampilkan sebuah obyek, PHP secara implisit mencari metode `__toString()` untuk obyek tersebut untuk melihat apakah format tampilan kustom telah ditentukan oleh pengembang: 
    143143PEAR merupakan cara kebanyakan profesional untuk meng-install vendor library dalam PHP. Symfony menyarankan menggunakan PEAR sebagai titik pusat instalasi guna pemakaian symfony dalam beberapa proyek. Plugin symfony juga merupakan paket PEAR dengan konfigurasi khusus. Framework symfony sendiri juga tersedia dalam bentuk paket PEAR. 
    144144 
    145 Anda tidak perlu tahu semua sintaksis PEAR untuk menggunakan symfony. Anda hanya cukup mengerti apa itu PEAR dan apakah sudah ter-install. Anda dapat mengecek apakah PEAR sudah ter-install dalam komputer dengan mengetikkan perintah berikut dalam CLI: 
     145Anda tidak perlu tahu semua sintaks PEAR untuk menggunakan symfony. Anda hanya cukup mengerti apa itu PEAR dan apakah sudah ter-install. Anda dapat mengecek apakah PEAR sudah ter-install dalam komputer dengan mengetikkan perintah berikut dalam CLI: 
    146146 
    147147    > pear info pear 
    159159Sebuah ORM tersusun dari obyek-obyek yang memberikan akses ke dalam data dan di dalamnya terdapat aturan-aturan bisnis. 
    160160 
    161 Salah satu keuntungan layer abstraksi dari obyek/relasi adalah mencegah penggunaan sintaksis yang spesifik hanya untuk suatu database. Layer ini otomatis menerjemahkan pemanggilan dari obyek model ke perintah SQL yang dioptimalkan untuk database yang digunakan. 
     161Salah satu keuntungan layer abstraksi dari obyek/relasi adalah mencegah penggunaan sintaks yang spesifik hanya untuk suatu database. Layer ini otomatis menerjemahkan pemanggilan dari obyek model ke perintah SQL yang dioptimalkan untuk database yang digunakan. 
    162162 
    163163Ini berarti perpindahan ke sistem database yang lain di tengah suatu proyek sangat mudah. Bayangkan jika anda harus membuat sebuah prototipe aplikasi secara cepat, tetapi klien anda belum memutuskan sistem database mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda dapat memulai membangun aplikasi dengan SQLite, sebagai contoh, dan berpindah ke MySQL, PostgreSQL, atau Oracle ketika klien sudah siap untuk memutuskan. Hanya lakukan perubahan pada satu baris file konfigurasi, dan lihat itu berkerja. 
    188188Dan lihat. Bayangkan seberapa panjang perintah SQL yang dibutuhkan umtuk melakukan hal yang sama! 
    189189 
    190 Propel, proyek open source yang lain, sekarang ini sebagai salah satu layer abstraksi obyek/relasi untuk PHP 5 yang terbaik. Symfony mengintegrasikan Propel sebagai ORM default, jadi kebanyakan manipulasi data yang dijelaskan dalam buku ini mengikuti sintaksis Propel. Buku ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan obyek Propel, tetapi untuk referensi yang lebih lengkap, kunjungan ke website Propel  ([http://propel.phpdb.org/trac/](http://propel.phpdb.org/trac/)) sangat direkomendasikan. 
     190Propel, proyek open source yang lain, sekarang ini sebagai salah satu layer abstraksi obyek/relasi untuk PHP 5 yang terbaik. Symfony mengintegrasikan Propel sebagai ORM default, jadi kebanyakan manipulasi data yang dijelaskan dalam buku ini mengikuti sintaks Propel. Buku ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan obyek Propel, tetapi untuk referensi yang lebih lengkap, kunjungan ke website Propel  ([http://propel.phpdb.org/trac/](http://propel.phpdb.org/trac/)) sangat direkomendasikan. 
    191191 
    192192### Rapid Application Development (RAD) 
    204204Dan untuk menyakinkan bahwa aplikasi masih dapat berjalan ketika ada pengubahan secara berkala, maka diperlukan alat pengujian unit lengkap yang berjalan otomatis. Jika ditulis dengan baik, pengujian unit adalah cara yang kuat untuk memastikan tidak ada yang tidak bekerja dengan penambahan atau refaktor kode. Beberapa metodologi pengembangan bahkan menentukan untuk menulis pengujian sebelum membuat kode--hal ini disebut test-driven development (TDD)/pengembangan berbasis pengujian. 
    205205 
    206 >**Catatan** 
     206>**CATATAN** 
    207207>Banyak sekali prinsip-prinsip lain dan kebiasaan baik yang berhubungan dengan pengembangan cerdas. Salah satu metodologi pengembangan cerdas yang efektif adalah Extreme Programming (disingkat sebagai XP), dan literatur XP akan mengajarkan banyak cara untuk membangun aplikasi secara cepat dan efektif. Tempat untuk memulai yang baik adalah buku berseri tentang XP oleh Kent Beck (Addison-Wesley). 
    208208 
    213213### YAML 
    214214 
    215 Menurut website ofisial YAML ([http://www.yaml.org/](http://www.yaml.org/)), YAML adalah "a straightforward machine parsable data serialization format designed for human readability and interaction with scripting languages." Dengan kata lain, YAML adalah bahasa yang simpel untuk menggambarkan data dalam bentuk seperti-XML tetapi dengan sintaksis yang lebih sederhana. YAML khususnya berguna untuk menggambarkan data yang dapat diterjemahkan ke dalam array dan hash, seperti ini: 
     215Menurut website ofisial YAML ([http://www.yaml.org/](http://www.yaml.org/)), YAML adalah "a straightforward machine parsable data serialization format designed for human readability and interaction with scripting languages." Dengan kata lain, YAML adalah bahasa yang simpel untuk menggambarkan data dalam bentuk seperti-XML tetapi dengan sintaks yang lebih sederhana. YAML khususnya berguna untuk menggambarkan data yang dapat diterjemahkan ke dalam array dan hash, seperti ini: 
    216216 
    217217    [php] 
    248248        zipcode: "12345" 
    249249 
    250 Dalam YAML, struktur ditunjukkan dengan identasi, item-item berurutan ditandai dengan strip (-), dan pasangan kunci/nilai dalam penulisannya dipisahkan dengan titik dua (:). YAML juga memiliki sintaksis pendek untuk menggambarkan struktur yang sama dengan lebih sedikit baris, dimana array secara eksplisit ditunjukkan dengan `[]` dan hash dengan `{}`. Sehingga, data YAML sebelumnya dapat ditulis dengan cara singkat, seperti berikut: 
     250Dalam YAML, struktur ditunjukkan dengan identasi, item-item berurutan ditandai dengan strip (-), dan pasangan kunci/nilai dalam penulisannya dipisahkan dengan titik dua (:). YAML juga memiliki sintaks pendek untuk menggambarkan struktur yang sama dengan lebih sedikit baris, dimana array secara eksplisit ditunjukkan dengan `[]` dan hash dengan `{}`. Sehingga, data YAML sebelumnya dapat ditulis dengan cara singkat, seperti berikut: 
    251251 
    252252    house: 
    264264---------- 
    265265 
    266 Symfony adalah framework aplikasi web dalam PHP 5. Symfony menambahkan layer baru di atas bahasa PHP, menyediakan alat-alat yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi web komplek. Buku ini akan menjelaskan semuanya tentang symfony, dan anda hanya perlu mengerti konsep-konsep dasar tentang pemrograman modern untuk memelajarinya--dinamakan object-oriented programming (OOP), object-relational mapping (ORM), dan rapid application development (RAD). Hanya satu syarat teknik yang dibutuhkan yaitu pengetahuan tentang PHP 5. 
     266Symfony adalah framework aplikasi web dalam PHP 5. Symfony menambahkan layer baru di atas bahasa PHP, menyediakan alat-alat yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi web komplek. Buku ini akan menjelaskan semuanya tentang symfony, dan anda hanya perlu mengerti konsep-konsep dasar tentang pemrograman modern untuk mempelajarinya--dinamakan object-oriented programming (OOP), object-relational mapping (ORM), dan rapid application development (RAD). Hanya satu syarat teknik yang dibutuhkan yaitu pengetahuan tentang PHP 5. 
    267267 
    268268}}}